8 teknik pijat ini busa atas mata lelah lho

Kondisi mata lelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh.
  2. Menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama.
  3. Terlalu lama membaca.
  4. Memiliki kelainan refraksi mata.
  5. Melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya.
  6. Terpapar cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

Mata lelah bisa dikenali dengan beberapa gejala yang sering terjadi, antara lain:

  1. Mata terasa nyeri, pedih atau gatal.
  2. Mata berair atau terasa kering.
  3. Pandangan kabur atau berbayang.
  4. Mata lebih sensitif terhadap cahaya.

Cara Mencegah Mata Lelah

  1. Atur Pencahayaan dan Posisi Layar Komputer. Atur cahaya komuter kamu dengan filter atau setting yang tersedia. Saat beraktivitas dengan komputer, pastikan selalu menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60 cm.
  2. Perhatikan Pencahayaan Ruangan. Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata, termasuk mengatur arah pencahayaan.
  3. Istirahat Secara Berkala Selama 20 detik. Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Anda dianjurkan untuk sesekali beristirahat dari kegiatan tersebut. Beristirahatlah setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.
  4. Perawatan Mata. Mata lelah juga bisa dicegah dengan perawatan mata, di antaranya mengompres mata dengan kain

Cara Mengatasi Mata Lelah

Untuk mengatasi mata lelah, Anda bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini.

  1. Saat membaca sudah terlalu melelahkan mata, sering-seringlah berkedip. Jika perlu, beralihlah sejenak dari bacaan sehingga mata bisa beristirahat. Tutup mata dan pijatlah bagian pelipis selama beberapa menit agar rasa lelah pada mata berkurang. Jangan lupa untuk menyesuaikan pencahayaan yang ideal bagi mata.
  2. Saat layar komputer sudah membuat mata lelah, tingkatkan resolusi layar dan kurangi pencahayaan ruangan. Lalu aturlah jarak, kontras, dan ukuran huruf. Mengalihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa saat juga bisa membantu mengurangi kelelahan pada mata.
  3. Berdiri dan meregangkan tangan, kaki, bahu, dan punggung dapat membantu mengurangi kelelahan tubuh.
  4. Jika mata Anda terasa kering dan mengedip-ngedipkan mata tidak membantu, obat tetes mata dapat digunakan. Anda juga bisa menutup mata lalu mengompresnya dengan waslap yang sudah dibasahi air hangat.
  5. Sebagian orang perlu memakai kaca mata ketika membaca atau menggunakan komputer untuk mengatasi mata lelah.
  6. Produk alami minyak ikan dengan asam omega-3 dan bilberry dipercaya dapat mengurangi gejala mata lelah. Namun, hal tersebut masih butuh penelitian lebih lanjut.

Sama seperti bagian tubuh yang lain, mata juga membutuhkan istirahat. Pastikan Anda selalu memberikan jeda di tengah aktivitas, agar mata bisa beristirahat. 

Selamat mencoba!